Welcome to my Blog
Bencana Alam di Indonesia

Popular Post

Posted by : m iqbal assegaf Selasa, 10 Februari 2015

Bencana Tsunami di Aceh , 26 Desember 2004


Bencana gempa bumi dan tsunami di Aceh merupakan salah satu bencana alamdahsyat di Indonesia bahkan di dunia untuk kurun waktu 40 tahun terahir. Menurut PBB,sebanyak 229.826 korban gempa dan tsunami hilang dan 186.983 lainnya tewas. TsunamiSamudra Hindia menjadi gempa dan Tsunami terburuk 10 tahun terakhir. Gempa berkekuatan9.3 SR (menurut Pacific Tsunami Warning Center) ini telah meluluh lantahkan aceh bagianutara, Sumatera Utara, Pantai Barat Semenanjung Malaysia, Thailand, Pantai Timur India, SriLanka, bahkan sampai Pantai Timur Afrika. Bencana ini merupakan kematian terbesar sepanjang sejarah. Indonesia, Sri Lanka, India, dan Thailand merupakan negara dengan jumlah kematian terbesar.Di Indonesia sebanyak 126 ribu jiwa melayang akibat bencana tersebut, dan lebih dari30 ribu lainya dinyatakan hilang. Wilayah yang paling parah terkena dampak bencana gempa bumi dan tsunami adalah meulaboh dan Banda aceh. Hampir 50 % bangunan di wilayahtersebut hancur tekena dampak gempa bumi yang diikuti oleh gelombang tsunami yangketinggiannya mencapai 9 meter.


Bencana Erupsi Gunung Merapi di Yogyakarta


Gunung merapi merupakan salah satu gunung teraktif di dunia yang memiliki siklus puncak erupsi setiap 2-5tahun. 
Dalam kurun waktu 10 tahun terahir, tercatat 2letusan besar yang terjadi. Letusan besar pertama terjadi pada tahun 2006, tepatnya pada Juni2006 dan yang kedua yaitu erupsi yang terjadi pada 5 November 2010.Erupsi Gunung Merapi yang terjadi pada Jumat dini hari 5 November 2010merupakan erupsi terbesar sejak tahun 1872. Luncuran awan panas mencapai yang 15 kmmerupakan luncuran awan panas terpanjang sejak 1872 silam yang mencapai 11- 12 km.Letusan pada 5 November menewaskan lebih dari 200 korban. Wilayah yang terkenadampak dari letusan gunung merapi merupakan wilayah yang berjarak sekitar 16 sampai 18kilometer dari puncak Merapi. Letusan itu bahkan menghempaskan kubah Merapi yang baruterbentuk.Jika dibandingkan dengan letusan yang terjadi pada tahun 2006, letusan gunungMerapi pada november 2010 ini mengeluarkan energi yang jauh lebih besar. Jika sebelumnyaguguran lava hanya menjangkau 3- 4 km dari puncak, pada tahun 2010 jarak guguran lavamencapai lebih dari 10 km.
Tanda tanda terjadinya erupsi pun juga terdapat perbedaan, jika pada tahun 2006 terdapat kubah lava yang terbentuk terlebih dahulu sehingga ketika kubahlava tersebut tidak stabil dan
Kemudian gugur, saat itulah terjadi awan panas. Akan
tetapi pada erupsi tahun 2010 hal tersebut tidak terjadi, justru yang terjadi adalah erupsi yang berupa letusan( eksplosif) sehingga resikonya lebih besar. Selain hal- hal yang telah disebutkan sebelumnya, jika ditilik dari jumlah korban erupsi merapi pada tahun 2010 jauh, lebih banyak yaitu mencapai 275 korban ( menurut BNPB) yang mencakup warga DIY dan jawa Tengah. Sedangkan erupsi pada tahun 2006 menelan 2 korban jiwa.

Bencana Gempa Bumi dan Tsunami Mentawai, 25 Oktober 2010


Tsunami Mentawai yang terjadi menyusul gempa berkekuatan 7,2 SR melanda PulauPagai Selatan di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Akibat yang di timbulkan. Dari bencana alam ini yaitu lebih dari 400 korban jiwa melayang sedangkan ratusan lainnya hilang. Wilayah yang terkena dampak dari bencana ini merupakan wilayah yang terpencil sehingga sulit bagi tim penolong dan sukarelawan serta para pencari berita untuk memberi bantuan maupun meliput lokasi kejadian.

Gempa bumi Sumatera Barat , 30 september 2009


Gempa bumi terjadi dengan kekuatan 7,6 Skala Richter di lepas pantaiSumatera Barat pada pukul 17:16:10 WIB, tanggal 30 September 2009. 
Gempaini terjadi di lepas pantaiSumatera,sekitar 50 km barat lautKota Padang. 
Gempa menyebabkan kerusakan parah di beberapa wilayah di Sumatera BaratsepertiKabupaten Padang Pariaman, Kota Padang, Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Pariaman, Kota Bukittinggi, Kota Padangpanjang, Kabupaten Agam, Kota Solok, dan Kabupaten Pasaman Barat. Menurut data Satkorlak PB, setidaknya 6.234 orang tewas akibat gempa ini yang tersebar di 3 kota & 4 kabupaten di Sumatera  Barat, korban luka berat mencapai 1.214 orang, luka ringan 1.688 orang, korban hilang 1 orang. Sedangkan 135.448 rumah rusak berat, 65.380 rumahrusak sedang, & 78.604 rumah rusak ringan. Menurut catatan ahli gempa wilayah Sumatera  Barat memiliki siklus 200 tahunan gempa besar yang pada awal abadke-21 telah memasuki masa berulangnya siklus. Akibat yang di timbulkan oleh gempa bumi ini adalah putusnya jaringan telekomunikasi, serta terjadinya kebakaran di sejumlah titik disamping korban jiwa dan kerusakan bangunan.



sumber : http://www.academia.edu/

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Iqbal Art - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -